Sunday 19 April 2009

Cupang. Temen baru buat si kura


Gak tau mau nulis apa juga seh..........
Bagi cewek-cewek mungkin ada yang seneng memelihara binatang termasuk jenis ikan.
Awalnya cuman iseng liat ikan cupang ini, tapi kok jadi pengen dikumpulin jadi koleksiku yaa.. buat nemenin kura-kura di tempat kos.

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan yang hidup di air tawar yang habitat asalnya di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.
Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup. Ikan cupang memiliki warna yang bermacam-macam dan sirip yang panjang membuat ikan satu ini banyak disukai para pecinta ikan hias.



Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.
Cupang Hias





Cupang hias dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Halfmoon (setengah bulan), cupang jenis ini memiliki sirip dan ekor yang lebar dan simetris menyerupai bentuk bulan setengah. Jenis cupang ini pertama kali dibudidaya di Amerika Serikat oleh Peter Goettner pada tahun 1982.
  • Crowntail (ekor mahkota) atau serit, cupang jenis ini pertama kali dibudidayakan oleh [umar]], seorang peternak cupang yang tinggal di daerah Jakarta Timur pada tahun 1998. Ciri utamanya adalah sirip dan ekornya yang menyerupai sisir sehingga di namakan serit.
  • Double tail (ekor ganda).
  • Halfmoon plakat
  • Cupang dragon (cupang naga)
  • Cupang giant (cupang raksasa)
  • Copper

Cupang Aduan


Ikan cupang biasanya juga dibuat untuk aduan/pertarungan. Pada waktu membeli ikan jenis ini biasanya calon pembeli akan mengetes ikan tersebut dengan meletakkan satu ikan jantan yang telah mati. Apabila ikan tersebut melakukan perlawanan pada saat ikan yang mati tersebut didekatkan, maka dengan cepat ikan cupang aduan tersebut akan menyerang ikan mati. Dan jika bukan merupakan ikan cupang aduan maka ikan cupang tersebut tidak akan menyerang atau diam saja bahkan menjauhi ikan yang mati tersebut.

Ikan cupang ini digemari oleh beberapa kalangan penggemar ikan diantaranya karena :

  1. Sangat ramah lingkungan, maksudnya adalah mudah dirawat dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitarnya.
  2. Mudah dipelihara. Makanan ikan cupang biasanya berupa jentik-jentik nyamuk.
  3. Ikan cupang mampu bertahan hidup lama walaupun di tempat yang mereka tidak sukai.

No comments:

Post a Comment