Thursday 29 July 2010
Langlah-Langkah Polya
George Polya (1957) membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunjukkan kepada guru bagaimana cara memberi bantuan dan petunjuk khusus. Sehingga siswa terbimbing untuk mengetahui tentang pemecahan masalah terutama yang berkaitan dengan masalah matematika. Saran-saran yang berkaitan berupa seperangkat pertanyaan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam penelitian ini peneliti mencoba membuat seperangkat soal cerita yang disertai petunjuk cara mengerjakan empat langkah polya secara utuh. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa sebagian besar guru matematika SMA dalam menyelesaikan soal cerita tidak secara utuh menggunakan empat langkah yang sudah dibakukan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memahami masalah
Pada masalah ini kegiatan yang perlu dilakukan adalah : Apa kamu memahami semua kalimatnya? Apa kamu dapat mengubah masalah tersebut dengan kalimatmu sendiri? Apa kamu mengetahui semua yang diketahui? Apa kamu mengetahui apa yang ditanyakan? Apa informasi datanya cukup memuaskan dan tidak bertentangan? Apakah masalah ini berbeda dengan masalah yang sudah kamu selesaikan?
Pada langkah ini polya memberikan bimbingan kepada siswa bagaimana agar siswa tersebut dapat menentukan datanya atau apa yang diketahui dalam soal tersebut dan menentukan apa yang ditanyakan. Namun jika siswa mengalami kegagalan, maka guru dapat memberikan bimbingan dengan cara disuruh mengubah soal tersebut dengan kalimat sendiri. Selanjutnya siswa disuruh menulis apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan.



2. Menyusun rencana pemecahan
Kegitan yang perlu dilaksanakan pada langkah ini antara lain, mencari hubungan anatara data yang diketahui dengan hal yang tidak diketahui. Jika hubungan tersebut tidak dapat ditemukan secepatnya carilah alat bantu lain. Kemudian susunlah sebuah rencana untuk dengan memperhatikan hal-hal tersebut, apakah pernah melihat masalah tersebut sebelumnya? Apa pernah melihat masalah yang sama dalam bentuk yang agak berbeda? Apa pernah melihat masalah yang berhubungan dengan masalah tersebut?
Kemampuan siswa yang diharapkan pada langkah kedua adalah menentukan permasalahan data yang belum diketahui dengan peubah x dan y sesuai dengan kebutuhan atau peubah lainnya, selanjutnya mencari hubungan data yang diketahui dengan data yang belum diketahui, hal ini dapat dilakukan jika siswa mengerjakan langkah pertama benar. Hubungan yang diperoleh sesuai dengan rencana penelitian ini adalah satu atau dua cara yang perlu disederhanakan.

3. Melaksanakan rencana pemecahan
Laksanakan rencana pemecahan masalah seperti yang telah dibuat pada langkah kedua.
 Periksa setiap langkah dan harus dilihat dengan jelas bahwa langkah tersebut benar. Dan harus menunjukan bahwa langkah tersebut benar.
4. Memeriksa kembali
Kegiatan yang dilakukan pada langkah terakhir antara lain : Apakah sudah diperiksa hasilnya? Apa dapat mengemukakan alasannya? Dapatkah menemukan hasil yang lainnya? Dan dapatkah memahami hasil atau metodenya untuk permasalahan yang berbeda?
Kemampuan siswa dalam langkah terakhir yang diharapakan adalah memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh dengan soal yang aslinya.
Keempat langkah polya tersebut, akan digunakan sebagai pedoman untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.








No comments:

Post a Comment